Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Remaja Perempuan di Kota Malang dan Konsep Diri
Keywords:
Konsep Diri, Perilaku Konsumtif Belanja Online, Remaja, Kota MalangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif belanja online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi. Populasi pada penelitian ini adalah remaja Perempuan di Kota Malang, dengan jumlah sampel 100 orang, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala Likert yaitu dengan dua skala, skala Konsep Diri dan skala Perilaku Konsumtif menggunakan kuesioner bantuan google form. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif yang menunjukkan r= 0,4191 dan p= 0,000, yang kurang dari ambang batas 0,05. Sehubungan dengan hal tersebut maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa variabel konsep diri memberikan pengaruh negatif terhadap variabel perilaku konsumtif dapat diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan teori-teori yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif.