Hubungan Antara Narsisme dan Perilaku Mengunggah di Media Sosial: Literatur Review
Keywords:
narsisme, media sosial, postingan gambar, presentasi diriAbstract
Perkembangan teknologi dan popularitas media sosial telah menciptakan platform di mana individu dapat berbagi berbagai aspek kehidupan pribadi mereka. Hal ini memberikan kebebasan kepada pengguna media sosial untuk menampilkan persona terbaik yang berbeda dari dirinya yang sebenarnya. Keinginan individu untuk menampilkan kepribadian yang baik di media sosial berkaitan dengan kecenderungan narsistik. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui hubungan antara narsisme dan postingan di media sosial. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan literatur. Sebanyak dua belas artikel yang membahas tentang narsisme dan presentasi diri dalam konteks media sosial dimasukkan dalam ulasan ini. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara narsisme dengan penggunaan media sosial, khususnya perilaku postingan gambar sebagai wadah presentasi dan promosi diri bagi pengguna yang memiliki kecenderungan narsistik. Frekuensi postingan gambar di media sosial berkaitan dengan tingkat narsisme seseorang. Selain itu, tinjauan literatur ini juga menunjukkan bahwa persona yang ditampilkan di media sosial oleh pengguna narsistik berbeda dengan dirinya yang sebenarnya.