Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Aplikasi M-Pras di Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon
Keywords:
Evaluasi, Kepuasan Pengguna, Aplikasi M-Pras, EUCSAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online yang diisi oleh responden bersangkutan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode EUCS digunakan untuk menentukan kepuasan pengguna terhadap sistem informasi dengan membandingkan harapan pengguna dengan pengalaman aktual. Menurut observasi awal, sistem ini masih memerlukan penelitian untuk mengevaluasi tingkat kepuasannya. Berbagai teori dan model tersedia dalam penelitian ini, salah satunya adalah End User Computing Satisfaction (EUCS), yang dapat memprediksi dan menjelaskan kepuasan pengguna terhadap teknologi komputer. Metodologi ini dipilih karena kemampuannya dalam menawarkan analisis akurat dan komprehensif dalam memperkirakan kepuasan pengguna terhadap aplikasi tertentu. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel isi dan kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel keakuratan, bentuk, dan ketepatan waktu berpengaruh signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya tiga dari lima aspek yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara dua aspek lainnya tidak memenuhi kriteria karena nilai hasilnya lebih kecil dibandingkan nilai standar.