Penerapan Metode SOSTAC untuk Menganalisis Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Batik Lembayung
Keywords:
Strategi Pemasarn, Peningkatan Penjualan, Social Media, Metode SOSTACAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana teknik pemasaran diterapkan untuk meningkatkan penjualan Batik Lembayung menggunakan metode SOSTAC dan juga untuk menilai efektifitas sosial media yang digunakan Batik Lembayung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode SOSTAC. Adapun instrument penelitiannya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi pada Batik Lembayung. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara dari pembatik dan juga pemilik langsung dari Batik lembayung. Adapun hasilnya, dengan adanya Tiktok juga mampu membangkitkan dan dapat meningkatkan penjualan Batik lembayung bahkan lebih meningkat dari sebelumnya. Batik Lembayung telah secara efisien menggunakan metode pemasaran digital di tiga saluran, termasuk Shopee, Tiktok, dan Instagram. Batik Lembayung telah berhasil menciptakan perubahan yang berbeda dari sebelumnya dengan memanfaatkan pendekatan SOSTAC. Secara keseluruhan, telah terjadi peningkatan nyata dalam penjualan di semua platform sejak pendekatan SOSTAC diterapkan, timbul dampak yang baik dan konstan. Strategi Pemasaran Batik Lembayung didasarkan pada teori SOSTAC, yang menguraikan semua tugas yang direncanakan yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan, seperti yang dapat disimpulkan dari penelitian yang disebutkan di atas