Evaluasi Sistem Informasi E-Commerce dengan Pendekatan PIECES Framework (Studi Kasus: Shopee)
Keywords:
Analysis, E-Commerce, Pieces, ShopeeAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan internet telah mengubah cara perusahaan melakukan bisnis, khususnya dalam perdagangan online melalui e-commerce, dengan Shopee sebagai salah satu marketplace terkemuka yang terus berinovasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Menggunakan metode PIECES Framework, penelitian ini menganalisis berbagai aspek sistem informasi Shopee termasuk kinerja, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi, dan layanan untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan serta memberikan arahan strategis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun rata-rata kepuasan pengguna terhadap Shopee cukup tinggi, terdapat area untuk perbaikan khususnya dalam aspek Performance dan Control, yang memiliki nilai kepuasan yang lebih rendah. Penelitian ini menawarkan wawasan berharga mengenai tingkat kepuasan pengguna dan menyarankan langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengguna di masa depan.