Analisis Kualitas Layanan Pada Aplikasi Satusehat Dengan Pendekatan E-Govqual
Keywords:
Kualitas Layanan, Satusehat, e-Goverment, e-GovQual, Importance Performance, AnalysisAbstract
Pemerintah kini telah memanfaatkan teknologi dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat agar lebih efisien dan efektif yang dikenal dengan istilah e-Government. Tujuan utama e-Government sendiri ialah untuk meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan aksesibilitas yang lebih baik di ranah pelayanan publik. Satusehat merupakan aplikasi transformasi dari PeduliLindungi yang merambat menjadi salah satu aplikasi yang memberikan informasi dan layanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis layanan aplikasi Satusehat sebagai bahan evaluasi untuk pemerintah agar mengetahui atribut yang harus diperhatikan, dipertahankan, diabaikan dan diperbaiki. Dengan menggunakan metode e-Government Quality dengan empat dimensi sebagai alat ukur kualitas layanan dan dianalisis dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukan dimensi efiktivitas mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dengan gap antara kinerja dan kepentingan sebesar 0,06, selanjutnya dimensi kepercayaan juga memperoleh hasil yang cukup memuaskan dengan gap sebesar 0,32, berikutnya dimensi keunggulan yang memperoleh hasil yang cukup memuaskan juga dengan gap sebesar 0,32, terakhir dimensi dukungan warga negara masih belum memperoleh hasil yang cukup memuaskan untuk pengguna dengan gap sebesar 1,28.