OPTIMALISASI PEMASARAN DALAM KEBERLANJUTAN PROGRAM BENGKEL ALAT BANTU DISABILITAS BERBASIS MEDIA SOSIAL
Keywords:
optimalisasi, pemasaran, disabilitasAbstract
Bengkel Disabilitas di Desa Bedali merupakan salah satu program kerja dari Omah Difabel yang berfokus pada perbaikan alat bantu disabilitas. Dengan memberdayakan masyarakat penyintas disabilitas dalam mengelola bengkel, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disabilitas dan dapat menghapus pandangan negatif mengenai penyintas disabilitas. Bengkel Disabilitas ini tergolong baru di Malang Raya sehingga membutuhkan promosi yang cukup gencar kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya, kegiatan promosi bengkel hanya sebatas ucapan dari mulut ke mulut dengan relasi dari Omah Difabel. Maka dari itu penulis tertarik untuk memperluas jangkauan promosi dengan memanfaatkan media sosial yang cukup banyak pengguna aktif dari berbagai golongan masyarakat dan usia. Dalam mencapai tujuan tersebut, penulis melakukan pelatihan kepada pengelola Bengkel Disabilitas mengenai pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dan cara mengelola media sosial supaya menarik banyak pengunjung kedalam akun Bengkel Disabilitas. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan soft skill pengelola Bengkel Disabilitas dan meningkatkan jumlah pelanggan yang menggunakan jasa Bengkel Disabilitas.