ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP PROSES BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MERDEKA MALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

Keywords:

E-Learning, Proses belajar

Abstract

Proses belajar merupakan suatu proses interaksi antara komponen-komponen pembelajaran sehingga tercipta kemampuan edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar pada mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknikĀ  simple random sampling, dengan jumlah responden 60 orang yang kemudian diolah dengan teknik skala likert, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel. Variabel bebas pada penelitian ini adalah e-learning dan variabel terikatnya adalah proses belajar. Berdasarkan hasil analisis jawaban responden menyatakan bahwa e-learning mempengaruhi proses belajar, yang artinya semakin tinggi penggunaan e-learning maka akan semakin tinggi pula proses belajar, atau jika penggunaan e-learning mengalami kenaikan 1 nilai maka akan menyebabkan kenaikan proses belajar pada mahasiswa UNMER Malang.

Downloads

Published

2021-10-21