PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN MELALUI LITERASI DIGITAL MENUJU SOCIETY 5.0
Keywords:
Society 5.0, Literasi Digital, Psikologi PendidikanAbstract
Dalam memperbaiki kekurangan yang terjadi di sepanjang revolusi industri 4.0, maka diperlukan sebuah pembaruan yang pertama kali digagas oleh Jepang pada tahun 2019 lalu dan kemudian disebut sebagai society 5.0. Mulainya era society 5.0 tidak hanya membawa perubahan pada bidang industri saja, melainkan berbagai bidang, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Salah satu langkah yang dapat diambil guna mewujudkan society 5.0 adalah melalui melalui literasi digital. Namun, dalam pelaksanaannya terkadang literasi digital justru seringkali membawa dampak kurang baik khususnya bagi peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan peranan dari psikologi pendidikan melalui literasi digital menuju society 5.0. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan serta pemahaman mengenai konsep society 5.0, literasi digital, dan bagaimana peranan psikologi pendidikan melalui literasi digital untuk mendukung terwujudnya society 5.0.