ANALISIS PENENTUAN KEPUTUSAN BELI PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Ease of Use, Risk Perception, Service of Quality, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penentuan keputusan pembelian pada konsumen e-commerce shopee di masa pandemi covid-19. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen secara online pada e-cpmmerce shopee diantaranya ease of use, risk perception, dan service of quality. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Department Store X yang menggunakan e-commerce shopee.co.id. Hasil penelitian menemukan bahwa: ease of use, persepsi risiko (risk perception) dan kualitas layanan (service of quality) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan lebih kecil dari 5% dan nilai t hitung > t tabel. Hasil lain menunjukkan ease of use, risk perception dan service of quality secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signfikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 60,623 > F tabel (2,75). Ease of use pada keputusan pembelian e-commerce shopee memiliki nilai koefisien yang lebih besar dibandingkan persepsii risiko dan kualitas layanan yaitu sebesar 0,390. Hal ini dikarenakan ease of use menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan selama proses transaksi dalam situs e-commerce shopee.