PEMBERDAYAAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PRAKTIK KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERBASIS VIRTUAL
Keywords:
Komunikasi interpersonal, guru, motivasi belajar siswaAbstract
Awal tahun 2020, secara global dunia sedang waspada dengan sebuah penyakit akibat Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI membuat kebijakan akan adanya batasan dalam kegiatan belajar mengajar untuk siswa sekolah dasar dan menengah, khususnya untuk kegiatan yang sifatnya menjadi waktu berkumpul bagi peserta didik. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia menerapkan pembelajaran secara daring. Pada proses pembelajaran tersebut, guru merupakan faktor signifikan keberhasilan pembelajaran. Guru merupakan faktor dominan dalam melihat kualitas pembelajaran. Pembelajaran dengan kualitas yang baik, akan memberikan hasil belajar yang baik juga. Ilmu Komunikasi merupakan salah satu disipilin ilmu sosial yang memiliki kelebihan untuk mampu mendorong sekolah agar dapat berkembang optimal, terutama menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui beragam cara komunikasi. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan upaya untuk melakukan pendampingan dan reviw pembelajaran yang telah dipelajari secara jarak jauh atau virtual. Pendampingan dibutuhkan agar guru atau pendidik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa atau peserta didik. Di samping itu, siswa diharapkan mampu menunjukkan potensi mereka dan memiliki sarana untuk lebih mengekspresikan perasaan, ide atau gagasan mereka melalui kegiatan yang baik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberdayakan guru melalui peningkatan pengetahuan untuk menerapkan keterampilan komunikasi antar pribadi dengan siswa sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa.