Peran Aksesibilitas, Konektifitas, Kualitas Layanan Tehadap Loyalitas Pengguna Angkutan Umum Melalui Kepuasan Penumpang Sebagai Variabel Mediator

Authors

Keywords:

Aksesibilitas, Konektifitas, Kualitas Layanan, Kepuasan, Angkutan umum

Abstract

Dewasa perkambangan angkutan penumpang semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, hal ini tidak terlepas dengan eksistensi angkutan kota yang ada sebelum menjamurnya dan primadonanya angkotan penumpang umum online. Seiring dengan hal tersebut perlu adanya kajian tentang bagaimana kepuasan dari penumpang umum angkutan kota di Kota Malang, hal ini mendesak dilakukan agar pihak pengelola angkot serta supir dapat memperbaiki dan bersaing dengan angkotan onbline. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis ukuran penentu penggunaan transportasi umum di Kota Malang. Adapun ukuran yang digunakan adalah aksesibilitas, konektifitas, kualitas layanan dan biaya perjalanan. Populasi penelitian ini adalah semua orang yang pernah menggunakan angkotan kota di Kota Malang, Sampel yang dunakan berjumlah 170 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis jalur, dan regresi berganda 2 model. Penelitian ini menghasilkan Aksesibilitas dan kualitas layanan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pengguna, sedangkan konektifitast dak berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan penumpang, selanjutnya Aksesibilitas, konektifitas dan kualitas layanan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas penumpang. Selain itu Dilihat dari pengaruh tidak langsung Aksesibilitas, konektifitas dan kualitas layanan tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan penumpang. Hal ini dapat menunjukan bahwa penggunaan angkutan umum yang ada atau pengguna yang ada memang benar-benar pengguna angkutan umum yang loyal jadi penguna tidak membutuhkan kepuasan yang disebabkan mereka paham bahwa fasilitas dan konsekwensi jika menggunakan angkutan umum konvensional.

Downloads

Published

2020-10-20