PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA TINGKAT BELAJAR MAHASISWA OTOMASI PERKANTORAN
Keywords:
Blended learning, edmodo, learning platform, mahasiswaAbstract
Kemajuan teknologi saat ini memberikan berbagai macam tuntutan kepada dunia pendidikan untuk dapat terus aktif mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal. Model pembelajaran face-to-face mulai dirasa kurang menarik dan membosankan sehingga menurunkan minat belajar mahasiswa/i saat ini. Menanggapi hal itu, perlu adanya metode pembelajaran baru agar dapat memberikan inovasi baru kepada mahasiswa/i. Metode blended learning merupakan metode pembelajaran campuran yakni dengan menggabungkan antara model face-to-face dengan model berbasis teknologi informasi atau sering disebut e-learning. Disini edmodo dipilih karena merupakan salah satu learning platform berbentuk jejaring sosial berfokus pada dunia pendidikan yang dirancang untuk kebutugan guru/dosen serta siswa/mahasiswa. Ujicoba penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah “komputer pengolah kata dan komunikasi”. Dengan menerapkan proporsi blended learning yakni dengan 55% face-to-face dan 45% edmodo. Dari hasil pengukuran secara kuantitatif didapatkan hasil bahwa adanya peningkatan motivasi belajar mahasiswa/i hal ini ditunjukkan dengan tingkat kehadiran dan keaktifan mahasiswa/i di kelas. Selain itu nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa/i naik 40%.