Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA TINGKAT BELAJAR MAHASISWA OTOMASI PERKANTORAN
PDF

Keywords

Blended learning, edmodo, learning platform, mahasiswa

How to Cite

Nadziroh, F., Rahmannuri, H., & Amalina, E. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA TINGKAT BELAJAR MAHASISWA OTOMASI PERKANTORAN. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 3(1), 1740-1746. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/236

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini memberikan berbagai macam tuntutan kepada dunia pendidikan untuk dapat terus aktif mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal. Model pembelajaran face-to-face mulai dirasa kurang menarik dan membosankan sehingga menurunkan minat belajar mahasiswa/i saat ini. Menanggapi hal itu, perlu adanya metode pembelajaran baru agar dapat memberikan inovasi baru kepada mahasiswa/i. Metode blended learning merupakan metode pembelajaran campuran yakni dengan menggabungkan antara model face-to-face dengan model berbasis teknologi informasi atau sering disebut e-learning. Disini edmodo dipilih karena merupakan salah satu learning platform berbentuk jejaring sosial berfokus pada dunia pendidikan yang dirancang untuk kebutugan guru/dosen serta siswa/mahasiswa. Ujicoba penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah “komputer pengolah kata dan komunikasi”. Dengan menerapkan proporsi blended learning yakni dengan 55% face-to-face dan 45% edmodo. Dari hasil pengukuran secara kuantitatif didapatkan hasil bahwa adanya peningkatan motivasi belajar mahasiswa/i hal ini ditunjukkan dengan tingkat kehadiran dan keaktifan mahasiswa/i di kelas. Selain itu nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa/i naik 40%.

PDF