Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna dan Usability Aplikasi Grab Menggunakan Metode Pengujian Usability dan System Usability Scale
Keywords:
GraBike, GrabFood, Kepuasan Pengguna, System Usability Scale (SUS), UsabilityAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna aplikasi Grab, khususnya fitur GraBike dan GrabFood, di kalangan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang. Metode Pengujian Usability dan System Usability Scale (SUS) digunakan untuk mempelajari pengalaman pengguna dan tingkat kepuasan mereka. Penelitian ini melibatkan 878 mahasiswa FTI aktif di Universitas Merdeka Malang, dan 120 responden dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Grab sangat mudah digunakan, efisien, dan efektif. Tingkat kepuasan pengguna berada dalam kategori relatif tinggi (rentang penerimaan), baik (kata sifat), dan C (skala kelas) menurut skor SUS sebesar 71,48. Studi ini juga menemukan bahwa ada hubungan positif antara tingkat usability dan tingkat kepuasan pengguna.