Desain UI/UX Aplikasi Persedi untuk Mobile Menggunakan Metode User-Centered Design (Studi Kasus di SMK Setia Bakti Ruteng)
Keywords:
Perpustakaan Digital, Prototype, UI/UX, User Centered Design, System Usability ScaleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk aplikasi perpustakaan di SMAK Setia Bakti, Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Evaluasi prototipe dilakukan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) dengan partisipasi 41 responden. Hasil evaluasi menunjukkan penerimaan positif dari pengguna, dengan skor SUS sebesar 86,5 yang
termasuk dalam kategori "Acceptable." Desain UI/UX yang dikembangkan mencakup fitur peminjaman dan pengembalian buku yang lebih efisien melalui penggunaan QR code untuk verifikasi. Studi ini mengungkapkan bahwa pendekatan User-Centered Design (UCD) efektif dalam menciptakan aplikasi perpustakaan yang memenuhi kebutuhan pengguna di SMAK Setia Bakti Ruteng. Aplikasi ini diterima dengan baik oleh siswa dan staf perpustakaan, menunjukkan peningkatan efisiensi dalam proses peminjaman dan pengembalian buku. Dengan demikian, desain yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Penelitian ini menegaskan pentingnya keterlibatan pengguna dalam proses desain untuk memastikan aplikasi yang intuitif dan mudah digunakan, serta menunjukkan bahwa metode UCD dapat menghasilkan solusi yang diterima dengan baik oleh pengguna.