Penerapan Metode E-GovQual Untuk Mengevaluasi Tingkat Kualitas Layanan Website E-LAPOR!
Keywords:
E-Goverment, E-LAPOR!, E-GovQual, Important Performance, Analysis, SPSSAbstract
Sejak maraknya keresahan yang terjadi di lingkungan masyarakat saat ini, maka diperlukannya sebuah platform yang dapat menyalurkan laporan masyarakat. Dengan adanya website e-LAPOR!, masyarakat dapat menggunakan webiste tersebut untuk menyalurkan keresahan mereka. menganalisis kinerja dan kepentingan serta memberi rekomendasi perbaikan layanan terhadap layanan yang dianggap lemah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-Government, elektronic government service quality (E-GovQual) dengan 4 (empat) dimensi yaitu efficiency, trust, reliability dan citizen support dengan pendekatan Importance Performance Analysis (IPA). Pengambilan sampel dengan probability sampling terhadap masyarakat Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden menggunakan kuisioner tertutup (close-ended questions) dengan skala penilaian 1-5 (Skala Likert). Pengolahan data dilakukan dengan SPSS Versi 26. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 7 Atribut yang perlu ditingkatkan, dan 3 dari 7 atribut tersebut berasal dari dimensiĀ citizen support yang terkait terhadap pelayanan petugas dari website E-LAPOR! yang memiliki kinerja rendah, sehingga diharapkan website E-LAPOR! meningkatkan pada aspek tersebut yang bertujuan pada peningkatan kualitas website E-LAPOR!