Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Penerapan Metode E-GovQual Untuk Mengevaluasi Tingkat Kualitas Layanan Website E-LAPOR!
PDF

Keywords

E-Goverment
E-LAPOR!
E-GovQual
Important Performance
Analysis
SPSS

How to Cite

Tiara, T., Lieubun, K., Sirken, J., & Putra, F. (2023). Penerapan Metode E-GovQual Untuk Mengevaluasi Tingkat Kualitas Layanan Website E-LAPOR!. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 7(1), 4421 - 4432. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/535

Abstract

Sejak maraknya keresahan yang terjadi di lingkungan masyarakat saat ini, maka diperlukannya sebuah platform yang dapat menyalurkan laporan masyarakat. Dengan adanya website e-LAPOR!, masyarakat dapat menggunakan webiste tersebut untuk menyalurkan keresahan mereka. menganalisis kinerja dan kepentingan serta memberi rekomendasi perbaikan layanan terhadap layanan yang dianggap lemah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-Government, elektronic government service quality (E-GovQual) dengan 4 (empat) dimensi yaitu efficiency, trust, reliability dan citizen support dengan pendekatan Importance Performance Analysis (IPA). Pengambilan sampel dengan probability sampling terhadap masyarakat Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden menggunakan kuisioner tertutup (close-ended questions) dengan skala penilaian 1-5 (Skala Likert). Pengolahan data dilakukan dengan SPSS Versi 26. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 7 Atribut yang perlu ditingkatkan, dan 3 dari 7 atribut tersebut berasal dari dimensiĀ  citizen support yang terkait terhadap pelayanan petugas dari website E-LAPOR! yang memiliki kinerja rendah, sehingga diharapkan website E-LAPOR! meningkatkan pada aspek tersebut yang bertujuan pada peningkatan kualitas website E-LAPOR!

PDF