Analisis Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pendekatan Gesalt
Keywords:
Bimbingan dan Konseling, Pelayanan BK, Pendekatan Gestalt, Pendidikan, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru BK dalam membangun kepercayaan terhadap siswa dalam pendekatan gestalt. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK di SMA Taman Madya di Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan peneliti sebagai instrumen utama. Analisis jurnal dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan disusun berdasarkan metode dalam bentuk penguraian dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan utama program BK yang dilakukan oleh guru BK di SMA Taman Madya Kota Malang belum sesuai, sehingga program bimbingan dan konseling tidak terarah. (2) Adanya permasalahan pada komitmen dan tanggung jawab pada kesadaran siswa dalam meningkatkan kualitas program BK. (3) Kurangnya efektifitas dalam sistem pendekatan antara guru BK dengan siswa, sehingga menimbulkan pandangan yang berbeda pada murid mengenai program BK. (4) Permasalahan yang meliputi rendahnya atau jarang keiginan siswa dalam mengikuti program BK atas keinginannya sendiri, cara siswa mendapatkan layanan BK dikarenakan dapat panggilan oleh guru BK..