Kecenderungan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Kota Malang ditinjau dari Self-disclosure

Authors

Keywords:

Self-disclosure, Kecenderungan stres, akademik, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh self-disclosure terhadap kecenderungan stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu self-disclosure sebagai variabel bebas dankecenderungan stres akademik sebagai variabel tergantung. Adapun rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan di dapat partisipan sebanyak 100 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala adaptasi self-disclosure yaitu Revised Self-disclosure Scale dengan 31 aitem dan skala modifikasi Educational Stres Scale for Adolenscents dengan 45 aitem, sedangkan instrumen penelitian ini berupa angket yang disebarluaskan melalui google form. Uji validitas skala menggunakan product moment pearson dan reliabilitas diukur dengan koefisien alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukan p = 0,002 (p<0,005) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan selfdisclosure dengan kecenderungan stres akademik. Sumbangan efektif self-disclosure terhadap kecenderungan stres akademik sebesar 49,5% dan sisanya sebesar 50,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Downloads

Published

2023-09-07