Persepsi Pembelajaran Daring terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Awal di Balikpapan

Authors

Keywords:

Persepsi pembelajaran daring, Kecerdasan emosional, Remaja awal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional remaja awal di Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kausalitas, dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel persepsi pembelajaran daring dengan variabel kecerdasan emosional. Data diungkap menggunakan skala Differensial Semantik pada variabel persepsi pembelajaran daring dan skala Likert pada variabel kecerdasan emosional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang remaja awal di Balikpapan. Menggunakan teknik purposive sampling didasarkan pada kriteria remaja awal, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang berusia 12-14 tahun serta mengikuti pendidikan formal. Hasil uji reliabilitas pada variabel persepsi pembelajaran daring sebesar 0,968 dan hasil uji reliabilitas variabel kecerdasan emosional sebesar 0,947. Pada penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh dengan taraf signifikan 0,000 antara variabel persepsi pembelajaran daring terhadap variabel kecerdasan emosional pada remaja awal yang ditunjukkan dengan nilai sumbangan pengaruh sebesar 14%. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti terdapat pengaruh signifikan antara variabel persepsi pembelajaran daring terhadap variabel kecerdasan emosional remaja awal di Balikpapan diterima.

Downloads

Published

2023-09-07