Perilaku Konsumtif pada Remaja Pengguna Tiktok Shop ditinjau dari Kelekatan Teman Sebaya

Authors

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Kelekatan Teman Sebaya, Tiktok Shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada remaja pengguna Tiktok Shop. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui secara pasti (infinite) dengan teknik pengambilan sampel menggunalan non-probability sampling dengan jenis purposive sampling, subjek pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria remaja dengan rentang usia 12 - 18 tahun dan pernah melakukan pembelajaran di Tiktok Shop. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi produk moment. Denganhasil koefisien korelasi 0.733 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan signifikan antara kelekatan teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada remaja pengguna Tiktok Shop. Hasil penelitian didapatkan arah hubungan positif, artinya semakin tinggi perilaku konsumtif maka semakin tinggi pula kelekatan teman sebaya pada remaja pengguna Tiktok Shop. Sebaliknya jika perilaku konsumtif rendah maka semakin rendah pula kelekatan teman sebaya para remaja pengguna Tiktok Shop.

Downloads

Published

2023-09-07