Teaching Recount Text; Picture Media; Students Reading Comprehension
Keywords:
Recount, Picture Media, Reading ComprehensionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris keefektifan media gambar pada Kelas Membaca Dasar dalam Recount untuk Pemahaman Membaca Siswa di UNMER Malang. Tujuan pertama untuk mengetahui tantangan yang dihadapi siswa dalam keterampilan membaca khususnya pada kelas Membaca Dasar di semester II, kedua apakah keterampilan membaca dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar pada kelas Membaca Dasar. Metodologi penelitian adalah kuantitatif dengan penelitian kelas eksperimen yang dilakukan pada dua kelas, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas A diajarkan dengan menggunakan gambar, sedangkankelas eksperimen tidak diajarkan dengan menggunakan gambar. Penulis memberikan teks recount untuk mengumpulkan data. Mediayang digunakan dalam menganalisis data adalah rumus uji-t. Itu digunakan untuk menentukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 60,37 dan kelompok kontrol sebesar 58,5. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 75,03 dan kelompok kontrol sebesar 67,40. Berdasarkan hasil tersebut, efektivitas gambar meningkatkan kemampuan membaca pada siswa UNMER Malang. Peneliti menyarankan kepada guru khususnya di kelas Membaca sebaiknya menggunakan gambar sebagai salah satu media dalam pembelajaran bagi siswa.