Pembelian Impulsif Dalam Pembelanjaan di Mobile Commerce

Authors

Keywords:

Pembelian inpulsif, Pembelanjaan M-Commerce

Abstract

Perkembangan teknologi nirkabel dewasa ini semakin berkembang, perdagangan secara elektronik digunakan oleh banyak pelaku bisnis dari berbagai kalangan seperti ecommerce sampai online shop (pedagang rumahan) yang telah memanfaatkan teknologi internet guna memasarkan barang dagangannya termasuk mobile smartphone yang digunakan pada era sekarang. Data perkembangan ecommerce enunjukan di tahun 2022 meningkat tajam, tahun 2018 - 2022 tercatat Rp.106 triliun naik menjadi Rp. 530 triliun kisaran kenaikan 94,34% dari tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Ecuation Modelling (SEM) menggunakan software SmartPLS 4. untuk menganalisis perkembangan pembelian implusif dalam perdagangan mobile m-commerce dari tahun 2018-2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Pegujian hipotesis menunjukan Interpersonal berpengaruh terhadap utilitarian value, Interpersonal tidak berpengaruh terhadap Hedonic Value, Intepersonal berpengaruh terhadap Purchase Intention, Utilitarian Value tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention, Hedonic Value berpengaruh terhadap Purchase Intention.

Downloads

Published

2023-09-07