Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Percepatan Proses Produksi dan Peningkatan Pemasaran Berbasis Teknologi Digital Pada UKM Kerajinan Kayu
PDF

Keywords

Produksi
Pemasaran
Digital
Kerajinan Kayu

How to Cite

Santoso, I., Andarwati, M., Budiyanto, H., Poerwoningsih, D., & Prakoso, ryo. (2023). Percepatan Proses Produksi dan Peningkatan Pemasaran Berbasis Teknologi Digital Pada UKM Kerajinan Kayu. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 7(1), 3924 - 3931. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/482

Abstract

Persaingan ekonomi global menjadi tantangan untuk UKM produk kreatif bidang kerajinan. Permasalahan yang sering dihadapi adalah kapasitas produksi yang kurang bila dibandingkan dengan permintaan konsumen terutama terkait dengan peralatan produksi untuk produksi massal dan pemasaran produk secara online. Masalah lain adalah saat ini media pemasaran kurang akan mempengaruhi minat konsumen untuk mendapatkan produk UKM produk kreatif bidang kerajinan. Untuk itu perlu adanya pengembangan produk kreatif UKM yang mempunyai nilai ekonomi dan daya saing tinggi serta mampu enyerap tenaga kerja sehingga dapat menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Usaha skala Kecil dan Menengah punya potensi untuk dikembangkan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki baik sumber daya alam, sumber daya manusia dan budaya lokal, sehingga menjadi kekuatan ekonomi masyarakat setempat. Salah satu UKM Industri kreatif bidang kerajinan yang berkembang di Kota Malang adalah UKM yang memproduksi Kerajinan Kayu GS4 Woodcraft yang dipilih sebagai mitra dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan fokus pembinaan pada percepatan aspek produksi dan pemasaran berbasis teknologi digital. Pendampingan mitra UKM pada aspek produksi telah meningkatkan produktivitas melalui pembuatan/perakitan alat CNC Router yang meningkatkan produksi hingga 2 kali lipat dan lebih presisi dibanding proses pemotongan dengan scrollsaw, selain itu diversifikasi produk dilakukan dengan pembuatan 10 variasi produk baru. Pengembangan pemasaran dilakukan dengan penyempurnakan digital marketing sehingga UKM ini bisa meningkatkan kinerja pemasaran secara online.

PDF