Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Analisis Modus Penipuan Digital Teknik Phising melalui Aplikasi WhatsApp Menggunakan Metode BPMN (Studi Kasus Pada Peretasan E-Wallet)
PDF

Keywords

Aplikasi Keuangan
Data Pribadi
Malware
Penipuan Digital
Phishing

How to Cite

Ma’ady, M., Zahra, A., Darmawan, M., Abdillah, R., & Anaking, P. (2023). Analisis Modus Penipuan Digital Teknik Phising melalui Aplikasi WhatsApp Menggunakan Metode BPMN (Studi Kasus Pada Peretasan E-Wallet). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 7(1), 3800 - 3806. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/469

Abstract

Modus penipuan digital saat ini semakin beragam, hal ini diimbangi dengan kecanggihan teknologi dan meningkatnya jumlah pengguna teknologi. Namun, dibalik kecanggihan teknologi yang ada, banyak ancaman kriminal digital yang harus dihadapi oleh pengguna. Salah satunya adalah penipuan digital. Penipuan digital paling sering terjadi tanpa disadari oleh pengguna adalah phishing. phishing adalah salah satu teknik penipuan digital untuk mencuri data pribadi penting, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan informasi lain yang bersifat pribadi. Umumnya penipuan ini disebarkan melalui email palsu yang berasal dari sumber terpercaya seperti bank atau perusahaan. Namun, saat ini juga terdapat modus baru dengan menyebarkan malware melalui file pdf, dan apk yang berisi malware melalui media sosial, seperti whatsapp. Malware ini akan digunakan untuk mencuri data pribadi korban tanpa disadari oleh pemiliknya, seperti kata sandi atau data sensitif lainnya. Dalam penelitian ini analisis difokuskan pada modus penipuan digital menggunakan teknik phishing yang menargetkan aplikasi E-Wallet. Pembahasan berupa bagaimana penipu menggunakan teknik phishing untuk mencuri data pribadi korban dan bagaimana upaya untuk melindungi diri dari serangan phishing. Hasil penelitian nantinya dapat menunjukkan teknik phishing seperti apa yang digunakan dan upaya perlindungan diri dari serangan phishing.

PDF