Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Tingkat Kemampuan Siswa Mengikuti Media Pembelajaran Google Classroom (Studi kasus : UPT SDN Panggungrejo 01)
PDF

Keywords

siswa
kemampuan siswa
algoritma C4.5
pohon keputusan
rapidminner

How to Cite

Ubaidillah, M., Kusuma, A., & Mawaddah, U. (2023). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Tingkat Kemampuan Siswa Mengikuti Media Pembelajaran Google Classroom (Studi kasus : UPT SDN Panggungrejo 01). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 7(1), 3718 - 3727. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/462

Abstract

Teknologi sekarang dilihat penting bagi keberadaan manusia karena membantu berbagai tanggung jawab, termasuk yang berkaitan dengan pekerjaan dan pendidikan. Pembelajaran di UPT SDN Panggungrejo 01, pembelajaran tidak hanya dilakukan tatap muka tetapi juga dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran google classroom. Permasalahan yang terjadi di UPT SDN Panggungrejo 01 terdapat kendala yaitu koneksi smartphone yang bisa membuatkan proses pembelajaran tidak optimal. Dari masalah tersebut perlu mengetahui tingkat kemampuan siswa. Data mining dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah klasifikasi data yang besar, yang akan membantu dalam pengambilan keputusan. Pada penelitian ini menerapkan algoritma C4.5 untuk melakukan klasifikasi kemampuan siswa, adanya penerapan algoritma ini diharapkan dapat mengevaluasi guru dan meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran menggunakan aplikasi Pembelajaran. Hasil klasifikasi dengan algoritma C4.5 mendapatkan 12 rules dengan mendapatkan 9 keputusan “mampu” dan 3 keputusan “tidak mampu”. Hasil uji menggunakan rapidminer keputusan yang terbentuk hampir sama dengan perhitungan yang dilakukan dengan manual. Perbedaannya hanya pada satu penambahan daun di keputusan mampu predikat baik pada atribut Ilmu Pengetahuan Alam & Sosial yang hasilkan oleh rapidminer.

PDF