Celebrity Worship Dan Perilaku Konsumtif Remaja Penggemar K-Pop

Authors

Keywords:

Celebrity Worship, Perilaku Konsumtif, Remaja, Penggemar K-Pop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dengan perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-Pop. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel non probability sampling sebesar 100 responden yaitu remaja penggemar K-pop di Kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan skala celebrity worship dan skala perilaku konsumtif, dengan koefisien reliabilitas 0,860 untuk skala celebrity worship dan 0,959 untuk skala perilaku konsumtif. Analisis data menggunakan korelasi product moment melalui SPSS. Berdasarkan uji hipotesis diketahui indeks korelasi sebesar 0,710 dan nilai signifikan 0,0001 (p< 0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara celebrity worship dan perilaku konsumtif, dengan arah hububgan positif. Semakin tinggi celebrity worship maka tinggi pula perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-pop di Kota Malang, begitu pula sebaliknya.

Downloads

Published

2022-09-22