Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Analisis Kemampuan Kognitif Pada Peserta Didik Hambatan Penglihatan (Tunanetra) Kelas 5 SLB ABD Negeri Kedungkandang Kota Malang
PDF

Keywords

Kemampuan Kognitif
Peserta Didik Tunanetra
Hasil Observasi

How to Cite

Pradana, R., & Aguwirara, A. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Pada Peserta Didik Hambatan Penglihatan (Tunanetra) Kelas 5 SLB ABD Negeri Kedungkandang Kota Malang. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3664 - 3669. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik (tunanetra) melalui hasil observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik tunanetra kelas 5 di SLB ABD Negeri Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field reseach. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi yang tidak dituang dalam bentuk angka. Hasil observasi antara lain (1) subjek diminta untuk menceritakan pengalamannya saat melewati tempat PLTA yang berlokasi di Karangkates; (2) ketika jam istirahat, subjek hanya melakukan mobilitas pada area sekolah yang sering dikunjungi saja; (3) subjek membutuhkan waktu yang relatif lama ketika bersosialisasi dengan orang yang baru dikenal. Hasil penelitian akan dianalisis berdasarkan hasil observasi dengan teori perkembangan kognitif peserta didik tunanetra menurut Lowenfeld yang terdiri dari (1) jarak dan beragamnya pengalaman yang dimiliki peserta didik tunanetra; (2) kemampuan peserta didik tunanetra yang telah diperoleh dan berkurang sehingga berpengaruh pada pengalamannya terhadap lingkungan ; (3) peserta didik tunanetra yang tidak memiliki kendali terhadap lingkungannya dan dirinya sendiri.

PDF