Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Pengaruh Ketakutan Akan Kegagalan Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Kota Malang
PDF

Keywords

Ketakutkan Akan Kegagalan
Prokrastinasi Akademik
Mahasiswa

How to Cite

Vebryan P.K, A., Wulandari, N., & Supraba, D. (2022). Pengaruh Ketakutan Akan Kegagalan Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Kota Malang. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3645 - 3653. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/446

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan masalah utama bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran. Tingginya prokrastinasi akademik pada mahasiswa diduga karena adanya ketakutan akan kegagalan yang juga tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketakutan akan kegagalan pada prokrastinasi akademik pada mahasiswa di kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 385 mahasiswa dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala ketakutan akan kegagalan dan skala prokrastinasi akademik. Metode pengumpulan data skala psikologis mengunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan nilai sig < 0.05 sehingga disimpulkan bahwa ketakutan akan kegagalan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Besar koefisien regresi sebesar 0.885 artinya peningkatan ketakutan akan kegagalan sebesar satu satuan maka akan meningkatkan prokratinasi akademik sebesar 0.885. Nilai R-Square pada pengaruh ketakutan akan kegagalan terhadap prokrastinasi akademik sebesar 0,733. Hal ini berarti bahwa pengaruh ketakutan akan kegagalan terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa di kota Malang adalah sebesar 73,3%. Maksudnya, ketakutan akan kegagalan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 73,3% saat memunculkan suatu perilaku yang menghasilkan prokrastinasi akademik, sebaliknya dapat dipengaruhi oleh satu faktor yang lain dari sisanya yang sebesar 26,7%.

PDF