Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Burnout Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha yang Menghadapi Kuliah Online di Masa Pa2ndemi Covid-19

Authors

Keywords:

Dukungan sosial orang tua, Burnout akademik

Abstract

Kondisi pandemi covid-19 berdampak pada sistem belajar mengajar yang digunakan yaitu pembelajaran yang berbasis online. Hal ini mengakibatkan munculnya burnout akademik pada mahasiswa khususnya mahasiswa kedokteran. Burnout adalah kondisi terjadinyalelah secara fisik dan psikis yang dikarenakan adanya tekanan tuntutan kewajiban atas tugas dan aktivitas belajar lainnya. Salah satu faktor yang dapat meminimalisir terjadinya burnout akademik adalah dukungan sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap burnout akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Pendidikan Ganesha. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha, yang menghadapi kuliah online di masa pandemi covid-19. Metode dalam mengambil sampel yang dimanfaatkan yaitu teknik non-probability sampling yakni purposive sampling. Hipotesis pada penelitian ini yaitu adanya pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap burnout akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Pendidikan Ganesha yang menghadapi kuliah online di masa pandemi covid-19. Variabel dukungan sosial orang tua memiliki pengaruh sebesar 12% terhadap burnout akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2022-09-22