Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Hadijah Fahli Collection Banjarmasin
PDF

Keywords

Bauran Pemasaran
Keputusan Pembelian

How to Cite

Istiqomah, I., Agustina, T., & Syamsuddinnor, S. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Hadijah Fahli Collection Banjarmasin. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3528 - 3539. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen pada Hadijah Fahli Collection Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis yang digunakan regresi liner sederhana. Sampel penelitian ini berjumlah 86 responden dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Proses pengolahan data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, koefesien korelasi, uji parsial (uji t) dan uji koefesien determinasi. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi liner sederhana yaitu Y = 2,276 + 0,220X, didapatkan hasil bahwa nilai kofesien korelasi yang diperoleh dari pengolahan data sebesar 0,826 artinya hubungan antara bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sangat kuat. Selanjutnya nilai koefesien determinasi sebesar 68,2% dan sisalnyal sebesar 31,8% diteralngkaln oleh valrialbel lalin yalng tidalk diteliti dalam kesempatan ini. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dengan nilai yaitu 13.410 > 1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Hadijah Fahli Collection Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada owner Hadijah Fahli Collection Banjarmasin, selain terus mempertahankan kualitas produk, juga selalu memperhatikan harga yang ditawarkan. Selain itu melalui era digital yang ada sekarang, hendaknya juga mencoba menggunakan marketing online dan penjualan produk melalui marketplace.

PDF