Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
PDF

Keywords

Earnings Response Coefficient
Konservatisme Akuntansi
Profitabilitas
Struktur Modal
Leverage
Ukuran Perusahaan

How to Cite

Kurniawan, A., & Trisnawati, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3495 - 3506. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/431

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konservatisme akuntansi, profitabilitas, struktur modal, leverage dan ukuran perusahaan terhadap earnings response coefficient. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan purposive sampling, dimana terdapat 69 perusahaan manufaktur yang memenuhi semua kriteria, sehingga mendapatkan 207 data yang kemudian di outlier menjadi 193 data sebagai sampel penelitian. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari website BEI. Jenis penelitian kuantitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS versi 20 dengan pengujian regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap earnings response coefficient, sedangkan konservatisme, profitabilitas, struktur modal dan leverage tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient.

PDF