Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Pengaruh Kelompok Referensi Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek Kyt Melalui Wom (Word Of Mouth)
PDF

Keywords

Kelompok Referensi
Lifestyle
Keputusan Pembelian
Word Of Mouth

How to Cite

Zahiroh, N., & Muzdalifah, L. (2022). Pengaruh Kelompok Referensi Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek Kyt Melalui Wom (Word Of Mouth). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3468 - 3483. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap word of mouth (WOM). 2) Mengetahui pengaruh lifestyle terhadap word of mouth (WOM). 3) Mengetahui pengaruh word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian pada helm merek KYT. 4) Mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pada helm merek KYT. 5) Mengetahui pengaruh lifestyle terhadap keputusan pembelian pada helm merek KYT. 6) Mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pada helm merek KYT melalui word of mouth (WOM). 7) Mengetahui pengaruh lifestyle terhadap keputusan pembelian pada helm merek KYT melalui word of mouth (WOM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0 untuk mengukur hasil dari kelompok referensi dan lifestyle sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen, dan word of mouth sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan 100 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kelompok referensi berpengaruh terhadap word of mouth, lifestyle berpengaruh terhadap word of mouth, word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kelompok referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, lifetyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kelompok referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth, dan lifestyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth.

PDF