Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Identifikasi Media Sosial: Pengaruhnya terhadap Keputusan Kunjungan Tempat Wisata di Malang Raya
PDF

Keywords

Keputusan kunjungan
Media sosial
Pengaruh media sosial

How to Cite

Puspasari, E. (2022). Identifikasi Media Sosial: Pengaruhnya terhadap Keputusan Kunjungan Tempat Wisata di Malang Raya. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3463 - 3467. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/428

Abstract

Media sosial merupakan suatu sarana yang memfasilitasi penggunanya dalam mencari informasi serta bersosialisasi tanpa merasa dibatasi ruang dan waktu. Salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna adalah Instagram dan atau Tiktok. Video atau foto yang diunggah melalui akun media sosial tersebut akan cepat tersebar sehingga dapat memberikan informasi yang mungkin akan dibutuhkan oleh pengguna media sosial lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh media sosial Instagram dan atau Tiktok terhadap keputusan kunjungan pada tempat wisata yang ada di Malang Raya. Variabel terikat atau Y pada penelitian ini adalah keputusan kunjungan pada tempat wisata di Malang Raya dan untuk variabel bebasnya atau X merupakan media sosial Instagram dan atau Tiktok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan 300 orang responden yang aktif dalam menggunakan media sosial Instagram dan atau Tiktok. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online serta diolah menggunakan program SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh terhadap keputusan kunjungan tempat wisata yang ada di Malang Raya dikarenakan mudahnya menemukan video atau foto mengenai tempat wisata di Malang Raya yang ingin didatangi.

PDF