Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Mengukur Kelayakan Media Transmisi Pembelajaran Di TK Lukmanul Hakim
Keywords:
Algoritma C4.5, Pohon Keputusan, Akurasi, Media Transmisi PembelajaranAbstract
Dampak pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia memang menimbulkan banyak dampak negatif disemua sektor. Dari semua sektor yang terdampak, peneliti memfokuskan pada sektor pendidikan khususnya pada pendidikan usia dini. Di TK Lukmanul Hakim pengenalan tentang media transmisi pembelajaran untuk menunjang pembelejaran tentunya harus mendapat perhatian khusus dikarenakan penggunaan teknologi di usia dini dan masyarakat yang tergolong masih di daerah pedesaan. Algoritma C4.5 merupakan algoritma modern yang difokuskan untuk klasifikasi data. Penelitian ini menerapkan algoritma C4.5 untuk mengukur kelayakan media transmisi pembelajaran di TK Lukmanul Hakim dengan tiga aplikasi yang diteliti yaitu Youtube, G.meet, Quizizz. Data diperoleh dari sebar kuisioner kepada wali anak dan mendapat 100 data untuk setiap aplikasi. Dengan adanya penelitian ini, peneliti memahami bagaimana penerapan, kinerja dan hasil dari pengujian algoritma C4.5. Untuk pengujian validasi dilakukan sebanyak 2 kali pada setiap aplikasi serta menggunakan data testing dan data training yang berbeda dan menghasilkan nilai akurasi Youtube sebesar 91,67% dan 92,83%, nilai akurasi G.Meet sebesar 83.33% dan 85.42%, nilai akurasi Quizizz sebesar 87.50% dan 89.58%. Dengan hasil pengujian akurasi tersebut, penerapan algoritama C4.5 tepat dan sesuai kriteria yagn ditentukan.