Pemanfaatan Instagram Dalam Meningkatkan Keuntungan UMKM : Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis (SLR)

Authors

Keywords:

Instagram, Balance Scorecard, Usaha Mikro Kecil Menengah, Tinjauan Pustaka Sistematis

Abstract

Pandemi COVID-19 memaksa banyak lini bisnis melakukan transformasi digital. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga tidak luput dari transformasi digital. Salah satu dari sekian banyak langkah yang dilakukan adalah mengimplementasikan pemanfaatan Instagram dalam strategi bisnis digital UMKM. Sayangnya, tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan Instagram dapat meningkatkan keuntungan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Instagram terbukti meningkatkan keuntungan bagi UMKM di Indonesia. Serta mengetahui fitur Instagram mana yang lebih berperan dalam meningkatkan keuntungan. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka sistematis dengan menggunakan kata kunci bahasa Indonesia dengan pertimbangan karakteristik UMKM di Indonesia yang berbeda dengan UMKM di luar Indonesia. Proses pencarian, di lebih dari 6000 jurnal dan makalah konferensi, serta tugas akhir di tingkat tesis, tesis, dan disertasi, serta beberapa artikel ilmiah yang tidak termasuk dalam kriteria inklusi. hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan instagram berpengaruh positif terhadap keuntungan UMKM. Baik keuntungan dalam perspektif finansial, perspektif pelanggan, dan perspektif learning/growth.

Downloads

Published

2022-09-22