Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Evaluasi Usability Pada Aplikasi Google Classroom Menggunakan Metode System Usability Scale
PDF

Keywords

Google Classroom
Usability Testing
System Usability Scale

How to Cite

Putra, M. Y., Santi, I., & Budiman, S. (2022). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Google Classroom Menggunakan Metode System Usability Scale. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3346 - 3355. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/417

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar dikampus harus dilakukan secara daring yang mana memanfaatkan perkembangan teknologi atau yang biasa dikenal denagan e-learning. Aplikasi Google Classroom merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan saat daring. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebergunaan (usability) aplikasi Google Classroom digunakan saat pembelajarn daring. Metode pengukur usability testing pada penelitian ini menggunakan System Usability Scale (SUS) yaitu berupa kuesioner dengan skala likert. Total responden yang digunakan adalah 106 responden. Dari pengujian tersebut didapatkan skor 67,64, kemudian skor tersebut diinterpretasikan dalam lima jenis. Pertama interpretasi Percentile Ranks, skor tersebut masuk ke range 67. Kedua, interpretasi Grade Scale, skor tersebut masuk ke grade C. Ketiga, interpretasi Adjective Rating, skor tersebut masuk ke rating Good. Keempat, interpretasi Acceptability Ranges, skor tersebut masuk ke range Marginal. Dan kelima, interpretasi Net Promoter Score (NPS), skor tersebut masuk ke passive. Skor 67,64 menandakan bahwa aplikasi Google Classroom masih harus diperbaiki agar mampu diterima dengan baik oleh penggunanya.

PDF