Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
IMPLEMENTASI FUZZY C-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN
PDF

Keywords

Fuzzy C-Means
Silhouette Coefficient
Clustering

How to Cite

Zaenab, S., Lestanti, S., & Budiman, S. (2022). IMPLEMENTASI FUZZY C-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3306 - 3320. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/413

Abstract

UPT SD Negeri Srengat 01 merupakan sekolah dasar yang beralamatkan di Jl. Stadion No 48 Kelurahan Srengat Kabupaten Blitar. Permasalahan yang ada di perpustakaan UPT SD Negeri Srengat 01 yaitu pengelompokan buku. Dengan pengelompokan buku diperpustakaan nantinya akan membantu petugas perpustakaan maupun siswa – siswi dalam mencari buku yang diinginkan. Pengelompokan buku tersebut akan menggunakan metode tersebut akan menggunakan fuzzy c-means clustering. Clustering adalah metode yang mengelompokan data kedalam cluster, dimana objek dengan kesamaan tinggi berada pada cluster yang sama, tetapi objek yang tidak sama berada pada cluster yang berbeda. Fuzzy C-Means merupakan salah satu teknik pengelompokkan data yang mana keberadaan tiap titik data dalam suatu kelompok (cluster) ditentukan oleh derajat keanggotan. Jumlah cluster yang digunakan dalam penelitian ini ada 5 cluster, yaitu cluster buku pelajaran, cluster buku cerita, cluster buku ensiklopedia, cluster majalah dan cluster kamus. Pengelompokan buku pada perpustakaan dengan menggunakan metode fuzzy c-means clustering mendapakan hasil berupa data buku yang sudah dikelompokan ke dalam kelas, yaitu kelas buku pelajaran ada 24 , buku cerita ada 18, buku ensiklopedia ada 22, majalah ada 10, serta kamus ada 26. Untuk mengetahui tingkat homogenitas dalam cluater menggunakan Silhouette Coefficient. Dari hasil pengujian menghasilkan data yang akurat dengan rata – rata nilai Silhouette Coefficient 1,822765.

PDF