Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PREDIKSI JUMLAH PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BLITAR MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING
PDF

Keywords

Prediksi
Peserta Didik Sekolah Dasar
Double Exponential Smoothing

How to Cite

Yuliati, Y., Lestanti, S., & Budiman, S. (2022). PREDIKSI JUMLAH PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BLITAR MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3255 - 3264. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/409

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan peramalan jumlah peserta didik Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar menggunakan Metode Double Exponential Smoothing dan menganalisa akurasi double exponential smoothing dalam memprediksi jumlah peserta didik dengan Means Square Error (MSE). Penelitian ini berjenis penelitian peramalan (forecasting). Data yang digunakan yaitu jumlah peserta didik yang digunakan bersumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dari tahun 2011 – 2021 yang terdapat di bagian Penyusunan Program dan Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah double exponential smoothing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sistem peramalan ini dapat digunakan untuk mengetahui prediksi atau peramalan pada masa mendatang berdasarkan peramalan jumlah peserta didik Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar sehingga dapat membantu Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar untuk menentukan pengambilan kebijakan kedepannya; 2) Adapun hasil MSE adalah 1297326.0335236848 yang menjadi tingkat keakuratan kinerja model suatu algoritma yang merupakan nilai kesalahan kecil.

PDF