PERSEBARAN KEPADATAN LALULINTAS DI WILAYAH KOTA KEDIRI MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB

Authors

Keywords:

level of service, google maps, sistem informasi geografis

Abstract

Dalam bentuk matematis kepadatan sebuah ruas jalan didapat dari perhitungan volume kendaraan dibagi dengan kapasitas jalan. Metode untuk mengukur kinerja ruas jalan disebut tingkat pelayanan jalan (Level Of Service/LOS), semakin banyak volume kendaraan, semakin besar kapasitas jalan yang dibutuhkan agar tingkat pelayanan jalan bernilai baik. Selama ini pengolahan data oleh Dinas Perhubungan Kota Kediri masih dilakukan secara manual. Sistem Informasi Geografis berbasis web ini, memudahkan dalam pengamatan pola penyebaran kepadatan lalu lintas sehingga dalam perencanaan rekayasa lalu lintas lebih akurat. Untuk tampilan peta dalam web digunakan layanan Google Maps API. Hasil penelitian ini adalah tingkat pelayanan jalan di beberapa ruas jalan utama ataupun jalan lokal di wilayah kota Kediri bernilai baik.

References

Badan Pusat Statistik Kota Kediri. 2014. Kota Kediri Dalam Angka 2014.
Handayani D., Ningsih U.. 2010. Analisa Optimasi Jaringan Jalan Berdasar Kepadatan Lalulintas di Wilayah Semarang dengan Berbantuan Sistem Informasi Geografi (Studi Kasus Wilayah Dati II Semarang), Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang.
Prahasta E.. 2001. Konsep - Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika.
Wikipedia Indonesia dalam laman id.wikipedia istem_koordinat_ geografi, (diakses 15 juli 2017).
Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.
Juniarta, I Wayan, Negara, I. N. Widana. 2012. Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Ruas Jalan Perkotaan, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Downloads

Published

2017-09-01