Aplikasi Perpustakaan SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang Berbasis Desktop Menggunakan Metode Agile

Authors

Keywords:

aplikasi, perpustakaan, desktop, mobile

Abstract

Teknologi informasi merupakan sebuah teknologi yang saat ini sedang berkembang saat pesat karna dapat membuat pengaksesan data maupun informasi menjadi lebih mudah, namun ditengah pesatnya perkembangan teknologi nampak kondisi perpustakaan justru berkebalikan, sebagian besar perpustakaan masih menggunakan metode manual yaitu ditulis pada buku, begitu juga dengan permasalahan yang dialami perpustakaan SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Oleh sebab itu penulis berinisiatif untuk membangun sebuah Aplikasi Sistem Informasi Peminjaman Buku di Perpustakaan SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang Berbasis Desktop Menggunakan Visual
Studio 2017. Proses yang dilakukan untuk membuat aplikasi adalah menggunakan Metode Agile yang dimulai dari tahap perencanaan, desain aplikasi, kode program, dan pengujian. Pengumpulan data yang didapatkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan menganalisis sistem yang saat ini sedang berjalan dan menawarkan sistem baru yang lebih canggih. Hasil dari pembuatan aplikasi tersebut dapat membantu petugas dalam melakukan input data, simpan data, dan pembuatan laporan menjadi lebih cepat dan efisien. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan sistem perpustakaan SDN Ciptomulyo Kota Malang menjadi lebih optimal.

Downloads

Published

2022-09-22