Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Analisa Penentuan Media Promosi Pelaku UMKM Dengan Aplikasi Berbasis Website
PDF

Keywords

Aplikasi
Media Promosi
UMKM
Website

How to Cite

Subiyantoro, E., Muslikh, A., & Pamuji, F. (2022). Analisa Penentuan Media Promosi Pelaku UMKM Dengan Aplikasi Berbasis Website. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3071 - 3083. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/392

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat berkembang pesat sehingga berdampak besar pada berbagai bidang di kehidupan sehari-hari baik dari sosial, promosi dan juga informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan media promosi yang tepat untuk menciptakan elemen volume penjualan UMKM dan membantu para pelaku UMKM dalam mengambil keputusan dengan memilih dan menggunakan alternatif mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan hasil penjualan produk para pelaku UMKM. Berdasarkan hasil analisa penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alternatif media sosial menjadi kriteria prioritas dalam menentukan media promosi dan meningkatkan volume penjualan produk para pelaku UMKM dengan mendapatkan nilai bobot rata-rata 0,4506, alternatif mesin pencarian dengan nilai bobot rata-rata 0,1579, alternatif kolaborasi produk dengan nilai bobot rata-rata 0,1508, alternatif televisi dengan nilai bobot rata-rata 0,1279, dan prioritas terakhir adalah alternatif media cetak dengan nilai bobot rata-rata 0,1159. Berdasarkan nilai bobot rata-rata keseluruhan dengan menggunakan aplikasi AHP UMKM berbasis website dapat disimpulkan bahwa alternatif media sosial ini memperluas pasar dengan meningkatkan intensitas promosi dengan berbagai media sosial.

PDF