Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI UMKM KAB. MALANG DI MASA PANDEMI COVID-19 (TINJAUAN ANOMALI TEKNOLOGI)
PROSIDING Seminar Nasional Sistem Informasi 5 2021
PDF

Keywords

media sosial
marketplace
anomali teknologi
UMKM

How to Cite

Ekawati, Y., & Andarwati, M. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI UMKM KAB. MALANG DI MASA PANDEMI COVID-19 (TINJAUAN ANOMALI TEKNOLOGI). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2938 - 2946. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/378

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui anomaly teknologi tentang pengaruh media social dan marketplace terhadap peningkatan volume penjualan produk UMKM di sekitar Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang responden yang menjadi pemilik UMKM. Instrument yang digunakan adalah kuesioner,yang terdiri dari 3 variabel media social (X1), marketplace (X2) dan peningkatan volume penjualan (Y). Analisis yang digunakan adalah regresi secara parsial dan berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media social dan marketplace sama-sama memiliki pengaruh tetapi para pemilik UMKM lebih merasakan peningkatannya dengan menggunakan media social daripada memasarkan langsung dengan menggunakan marketplace.

PDF