Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BESERTA KENDALA DI DUNIA PERKULIAHAN
PROSIDING Seminar Nasional Sistem Informasi 5 2021
PDF

Keywords

Efektif
Virtual
Teknologi Informasi
Covid-19
Faktor Penghambat

How to Cite

Armina, S., & Wulandari, F. (2021). PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BESERTA KENDALA DI DUNIA PERKULIAHAN. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2829 - 2838. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/367

Abstract

Teknologi informasi di dunia pendidikan sudah menjadi suatu kebutuhan pokok. Adanya wabah Covid-19 menjadi permasalahan bagi pelajar dan pengajar. Oleh karena itu, pembelajaran daring dijadikan solusi untuk mengurangi dampak Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk membahas software apa saja yang menjadi minat kalangan mahasiswa dan apa saja dampak dari pembelajaran daring. Metode yang digunakan pada jurnal ini adalah metode studi literatur dan metode survei. Pada metode studi literatur, penulis mengumpulkan beberapa sumber dari jurnal. Sedangkan metode survei, membagikan link survei dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh mahasiswa. Hasil penelitian menggambarkan mahasiswa lebih menyukai software zoom (48,1%), dibandingkan google meet (29,6%), google classroom (11,1%) maupun edmodo (11,1%). Serta mahasiswa menilai permasalahan yang sering dialami pada saat belajar daring adalah koneksi internet yang tidak stabil (94,3%), faktor cuaca (37,1%), mahalnya paket data (60%), tertinggal materi kuliah (54,3%), mata kuliah yang saling bentrok (48,6%), metode mengajar dosen(85,7%), dan semangat belajar menurun (65,7%). Dari ke tujuh permasalahan yang ada koneksi internet menjadi suatu penghambat bagi mahasiswa dalam belajar daring.

PDF