ANALISA KINERJA PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN PADA PELAKSANAAN PROGRAM BPJS BIDANG KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAYANG KABUPATEN CIANJUR

Authors

Keywords:

Kinerja Pelayanan Publik, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan public dalam bidang kesehatan, khususnya pada pelaksanaan pelayanan di Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bidang kesehatan. Melalui analisis terhadap 3 (tiga) pelayanan, yaitu pelayanan administrasi, pelayanan barang, dan pelayanan jasa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil kasus pada Rumah Sakit Daerah Sayang di Kabupaten Cianjur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap sampel yang terpilih berdasarkan metode snowball sampling. Teknik analisis dilakukan dengan dua cara, yaitu (1) analisa data sebelum kelapangan untuk mendapatkan data hasil studi pendahuluan atau data sekunder yang digunakan untuk menentukan fokus penelitan. (2) analisa data selama dilapangan, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode berikutnya.keabsahan data diuji dengan uji kredibilitas data (validitas internal) kemudian bila masih dirasa kurang, dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan, ketekunan, trianggulasi, melakukan diskusi dengan teman sejawat, member check dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan public yang diberikan personil sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik dalam pelayanan adminstrasi, barang maupun jasa.

Downloads

Published

2021-10-21