Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
ANALISA KINERJA PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN PADA PELAKSANAAN PROGRAM BPJS BIDANG KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAYANG KABUPATEN CIANJUR
PROSIDING Seminar Nasional Sistem Informasi 5 2021
PDF

Keywords

Kinerja Pelayanan Publik
BPJS Kesehatan
Rumah Sakit

How to Cite

Djuarni, W., Mulyadi, D., & Agustina, T. (2021). ANALISA KINERJA PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN PADA PELAKSANAAN PROGRAM BPJS BIDANG KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAYANG KABUPATEN CIANJUR. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2781 - 2792. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan public dalam bidang kesehatan, khususnya pada pelaksanaan pelayanan di Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bidang kesehatan. Melalui analisis terhadap 3 (tiga) pelayanan, yaitu pelayanan administrasi, pelayanan barang, dan pelayanan jasa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil kasus pada Rumah Sakit Daerah Sayang di Kabupaten Cianjur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap sampel yang terpilih berdasarkan metode snowball sampling. Teknik analisis dilakukan dengan dua cara, yaitu (1) analisa data sebelum kelapangan untuk mendapatkan data hasil studi pendahuluan atau data sekunder yang digunakan untuk menentukan fokus penelitan. (2) analisa data selama dilapangan, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode berikutnya.keabsahan data diuji dengan uji kredibilitas data (validitas internal) kemudian bila masih dirasa kurang, dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan, ketekunan, trianggulasi, melakukan diskusi dengan teman sejawat, member check dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan public yang diberikan personil sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik dalam pelayanan adminstrasi, barang maupun jasa.

PDF