PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA UKM DI ERA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Keunggulan bersaing, kinerja usaha, UKM, Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pengaruh kemampuan inovasi, kultur inovasi, kemampuan SDM, dan orientasi pelanggan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di era pandemi Covid-19 Kabupaten Malang. (2) Menganalisis pengaruh kemampuan inovasi, kultur inovasi, kemampuan SDM, orientasi pelanggan, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja usaha pada UKM di era pandemi Covid-19 Kabupaten Malang. (3) Menganalisis pengaruh kemampuan inovasi, kultur inovasi, kemampuan SDM, orientasi pelanggan terhadap kinerja usaha melalui keunggulan bersaing pada UKM di era pandemi Covid-19 Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 115 dan merupakan produk unggulan di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan pemodelan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian adalah (1) Kemampuan inovasi, kemampuan SDM, dan orientasi pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di Kabupaten Malang. (2) Kemampuan inovasi, kemampuan SDM, orientasi pelanggan, dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada UKM di Kabupaten Malang. (3) Kemampuan inovasi, kultur inovasi, kemampuan SDM, orientasi pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada UKM di Kabupaten Malang dan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Temuannya adalah kultur inovasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing did-19an kinerja usaha karena pandemi Covid-19.