Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KETERLIBATAN KERJA DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI (BANK BUMN DI MALANG RAYA)
PROSIDING Seminar Nasional Sistem Informasi 5 2021
PDF

Keywords

Budaya Organisasi
Keterlibatan Kerja
Kecerdasan Emosional
Kepuasan Kerja
Komitmen Organisasi
Kinerja Karyawan

How to Cite

Febrina, S., Astuti, W., & Triatmanto, B. (2021). ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KETERLIBATAN KERJA DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI (BANK BUMN DI MALANG RAYA). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2709 - 2728. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/356

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh budaya organisasi, keterlibatan kerja dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasi di bank umum Malang raya. Responden penelitian adalah para karyawan yang bekerja di 4 bank umum di Malang Raya. Sebanyak 4 bank umum di Malang Raya yang dinilai. Populasi penelitian adalah 600 karyawan. Sampel penelitian sebanyak 240 karyawan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Kinerja karyawan merupakan faktor yang menentukan kelangsungan hidup perusahaan, hal ini disebabkan karena karyawan merupakan unsur perusahaan terpenting yang harus diperhatikan. Pencapaian tujuan perusahaan menjadi kurang efektif apabila karyawan tidak mempunyai kinerja yang baik dan merupakan pemborosan bagi perusahaan. Untuk menghasilkan kinerja yang tinggi, seorang karyawan tidak hanya perlu memiliki keterampilan, tetapi juga harus memiliki keinginan untuk berprestasi tinggi. Hal penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana meningkatkan kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya organisasi, keterlibatan kerja, dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Budaya organisasi, keterlibatan kerja, kecerdasan emosional dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Budaya organisasi, keterlibatan kerja, kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Budaya organisasi, keterlibatan kerja dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Budaya organisasi, keterlibatan kerja kecerdasan emosional dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasi. Budaya organisasi, keterlibatan kerja dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasi.

PDF