Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MEMAKAI JASA PERCETAKAN JAGO PROMOSINDO DI LANGENHARJO – SUKOHARJO
PROSIDING Seminar Nasional Sistem Informasi 5 2021
PDF

Keywords

Kualitas Layanan (Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati)
Loyalitas Pelanggan

How to Cite

Ngaisah, N. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MEMAKAI JASA PERCETAKAN JAGO PROMOSINDO DI LANGENHARJO – SUKOHARJO. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2676 - 2688. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/353

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan yang berupa Pengaruh Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati secara Parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam memakai jasa percetakan Jago Promosindo di Langenharjo-Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang melibatkan 100 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengolahannya dilakukan dengan program SPSS versi 17. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresinya Y = -6,273 + 0,825X1 + 0,793X2 + 0,389X3 + 0,192X4 + 0,217X5. Analisis uji t diperoleh hasil untuk t hitung Bukti Fisik (X1) sebesar 4,435 > t tabel 1,980, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Bukti Fisik terhadap Loyalitas Pelanggan di Percetakan Jago Promosindo Sukoharjo(Y). Analisis uji t diperoleh hasil untuk t hitung Keandalan (X2) sebesar 8,251 > t tabel 1,980, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Keandalan terhadap Loyalitas Pelanggan di Percetakan Jago Promosindo Sukoharjo(Y). Analisis uji t diperoleh hasil untuk t hitung Daya Tanggap (X3) sebesar 6,004 > t tabel 1,980, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Daya Tanggap terhadap Loyalitas Pelanggan di Percetakan Jago Promosindo Sukoharjo(Y). Analisis uji t diperoleh hasil untuk t hitung Jaminan (X4) sebesar 3,439 > t tabel 1,980, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Daya Tanggap terhadap Loyalitas Pelanggan di Percetakan Jago Promosindo Sukoharjo(Y). Analisis uji t diperoleh hasil untuk t hitung Empati (X5) sebesar 2,544 > t tabel 1,980, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Daya Tanggap terhadap Loyalitas Pelanggan di Percetakan Jago Promosindo Sukoharjo (Y). Berdasarkan analisis uji F diperoleh hasil untuk besarnya F hitung sebesar 63,308 > F tabel 2,311, maka Ho ditolak, yang berarti secara bersama-sama ada pengaruh antara variabel independen yang berupa Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3) Jaminan (X4) dan Empati (X5) terhadap terhadap Loyalitas Pelanggan di Percetakan Jago Promosindo Sukoharjo(Y). Jadi hipotesis yang kedua berbunyi “Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5), secara bersama-sama mempengaruhi Loyalitas Pelanggan di Percetakan Jago Promosindo Sukoharjo” terbukti kebenarannya

PDF