Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PERIODE 2017 – 2019 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BEI)
PROSIDING Seminar Nasional Sistem Informasi 5 2021
PDF

Keywords

Perencanaan Pajak
Beban Pajak Tangguhan
Manajemen Laba

How to Cite

Perdana, D. (2021). PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PERIODE 2017 – 2019 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BEI). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2669 - 2675. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/352

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Perumusan masalah ini adalah bagaimanakah pengaruh perencanaan pajak, beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba.Tujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh perencanaan pajak, beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang tercatat di bursa efek indonesia dari tahun 2017 - 2019. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 54 perusahaan manufaktur yang tercatat di bursa efek indonesia tahun 2017 – 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode non-probability sampling, khususnya purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan metode analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa perencanaan pajak berpengaruh positif terhadap manajemen laba dan beban pajak tangguhan berpengaruh positif terhadap probabilitas perusahaan melakukan manajemen laba.

PDF