Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
ANALISIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP KINERJA UMKM DI KABUPATEN BARITO KUALA (STUDI PADA UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19)
PROSIDING Seminar Nasional Sistem Informasi 5 2021
PDF

Keywords

Orientasi Kewirausahaan
Kecerdasan Adversitas
UMKM
Kinerja Usaha
Pandemi Covid-19

How to Cite

Purnamasari, R., Agustina, T., & Nurhikmah, N. (2021). ANALISIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP KINERJA UMKM DI KABUPATEN BARITO KUALA (STUDI PADA UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2618 - 2625. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Orientasi Kewirausahaan dan Kecerdasan Adversitas secara parsial dan secara simultan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah Pelaku UMKM di Kabupaten Barito Kuala yang dibina oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Barito Kuala, berjumlah 999 unit usaha (UMKM). Teknik penarikan sampel menggunakan metode probability sampling; simple random sampling dan dilakukan dengan teknik insidental. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel sebanyak 90 UMKM di Kabupaten Barito Kuala yang didapatkan melalui rumus Slovin. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kecerdasan Adversitas Terhadap Kinerja UMKM di Kabupaten Barito Kuala. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial variabel independen: Orientasi Kewirausahaan (X1) sebesar 0,000<0,05 dimana thitung>ttabel (6,087>1,991) dan variabel Kecerdasan Adversitas 0,000<0,05 dimana thitung>ttabel (15,177>1,991). Kedua variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja UMKM di Kabupaten Barito Kuala dengan 0,000<0,05 dan Fhitung>Ftabel (773.289>3,10). Pada masa krisis, termasuk saat pandemi Covid-19 UMKM diuji. Hanya pengusaha UMKM yang memiliki orientasi kewirausahaan yang tinggi dan kecerdasan adversitas yang kuat akan bisa membuat bisnis yang dijalankan tetap bisa bertahan melalui kreativitas serta kemampuan inovasi dalam berkompetisi melalui pandemic Covid-19 ini.

PDF